Defiinisi Bekam | Pondok Bekam Indonesia - Agenda Seminar Lokakarya Pelatihan Kursus Pengajian Kajian
Headlines News :
Home » , , , , , , , » Defiinisi Bekam | Pondok Bekam Indonesia

Defiinisi Bekam | Pondok Bekam Indonesia

Written By Unknown on Selasa, 26 Maret 2013 | 07.46

Klik Gambar Untuk Memperbesar 
Tempat Alamat Bekam Surabaya
Pengertian Bekam menurut Asosiasi Bekam Indonesia

Definisi Bekam -Pengembangan pengobatan bekam oleh Asosiasi Bekam Indonesia agaknya menjadi titik tolak melesatnya terapi bekam dibandingkan aneka terapi tradisional lainya.Sekalipun masih banyak kekurangan di sana sini seperti bagaimana bisa mengakomodasi varian terapi bekam penentuan definisi bekam itu sendiri dipersimpangan jalan.

Ihwalnya, bekam itu sendiri kalau ditelusuri dalam khazanah budaya bangsa kita sudah ada. Seperti yang biasa disebut dengan istilah kop atau canthuk. Serunya, kalau di masa sekarang ini harus diciptakan istilah yang lebih presisi mengenai bekam yang distandarkan oleh lembaga asosiasi profesi pembekam. Kita lihat saja ada beberapa definisi bekam yang biasa kita jumpai
definisi bekam dari berbagai sumber

Wikipedia Indonesia mendefinisikan bekam atau hijamah sebagai teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah bahasa arab Hijamah yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

Penelope Oddy menyatakan bahwa bekam adalah sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi(Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam mangkuk seperti gelas atau bambu.

Ustadz Kathur Suhardi menjelaskan bahwa bekam merupakan metode pengobatan dengan penyedotan kulit dibagian tertentu untuk mengeluarkan racun dan oxidant dalam tubuh melalui torehan tipis yang mengenai pembuluh darah kapiler pada epidermis.

Wada A Umar dalam bukunya sembuh dengan satu titik mengatakan bahwa bekam adalah suatu metode pengobatan dengan metode tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal.

Terjadinya bendungan lokal disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan kedalam tabung agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah yang telah terkumpul dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi Qi dan Xue, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, serta mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab.

Definisi bekam menurut Bekam Sinergi adalah Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan tujuh materi dasar dan enam patogen ekternal yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.
Simpulan dari beberapa definisi bekam

Bekam adalah satu teknik pengobatan menggunakan sarana gelas, tabung, atau bambu yang prosesnya diawali dengan melakukan pengekopan (membuat tekanan negatif dalam gelas, tabung, atau bambu) sehingga menimbulkan bendungan lokal di permukaan kulit dengan tujuan agar sirkulasi energi Qi dan Xue meningkat, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab, mengeluarkan racun, serta oxidant dalam tubuh. Pada teknik bekam basah, setelah terjadi bendungan lokal, prosesnya dilanjutkan dengan penyayatan permukaan kulit memakai pisau bedah atau penusukan jarum bekam agar darah kotor bisa dikeluarkan.

Pertanyaannya sekarang, Asosiasi Bekam Indonesia memilih definisi yang seperti apa? karena jelas pemilihan definisi itu akan memiliki konsekuensi pula pada penjabaran tata laksana, cara pemeriksaan, penggunaan alur berpikir pengobatan, dan sebagainya.

Sumber: Buku/ Modul Belajar Bekam Sinergi/ Angkatan XL
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Deskripsi Iklan
Pasang Iklan Di Sini

Seminar Jerry G Grey


 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Agenda Seminar Lokakarya Pelatihan Kursus Pengajian Kajian - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template